Home BUMN Apakah Pertamina Bangkrut Tahun Ini?

Apakah Pertamina Bangkrut Tahun Ini?

607
0

Kompensasi BBM Pemerintah Bisa Bayar?

Oleh  Salamuddin Daeng

Ini asumsi pada saat harga minyak 70 dolar sebarel. Lalu bagaimana keadaan Pertamina sekarang? Sekarang harga minyak rata rata berada diatas 100 dolar. Pertamina menyisahkan masalah kompensasi atas BBM non subsidi yang akan dibayarkan oleh pemerintah.

Berikut harga minyak sekarang https://oilprice.com/

Berikut keadaan sebelum harga minyak naik. Asumsi harga minyak mentah yang tinggi akan menghasilkan peningkatan pendapatan kompensasi dan subsidi Pertamina menjadi USD8,5 miliar pada tahun 2022 (asumsi harga minyak 70 dolar per barel), setelah kenaikan pada tahun 2021 (2020 : USD3 miliar, 2019 : USD6,3 miliar). Ini dana kompensasi BBM tahun 2022 sangat lah besar, nilainya mencapai Rp. 123 triliun. Besar, ini belum listrik ya. Baca Link :https://www.fitchratings.com

Nilai di atas dengan asumsi nilai tukar tidak berubah. Sekarang nilai tukar akan bergerak sangat rentan, kemungkinan rupiah jatuh karena kewajiban eksternal yang makin membesar. Terutama impor minyak itu sendiri.

Nilai tukar mendekati 15 ribu. https://www.bi.go.id/id/statistik/informasi-kurs/jisdor/default.aspx

Lalu selanjutnya pemerintah melakukan pengendalian harga sebagian besar bahan bakar eceran di Indonesia mengakibatkan Pertamina menjual bahan bakar di bawah biaya. Apa saja bahan bakar yang dijual dibawah harga pasar tersebut? Pertamina tak berani transparan, mungkin takut sama menteri BUMN dan Presiden.

Namun, perusahaan mendapat penggantian melalui subsidi dan kompensasi dari negara ketika harga jualnya secara material di bawah harga pasar. Benarkan negara punya uang untuk memberikan kompensasi ini. Selain kompensasi negara juga harus membayar subsidi yakni subsidi solar, subsidi pertalite dan subsidi LPG 3 kg. Kalau ditambah kompensasi dan subsidi listrik, berat juga bagi Jokowi cari uang.

Kalau Pemerintah Tidak Bisa Bayar, Apakah Pertamina Akan Bangkrut Tahun ini? (SD/RED)

Previous articleSejak Jokowi Berkuasa, Penerimaan Pajak Dan Penerimaan SDA Meluncur Turun
Next articleNasib Utang Pelindo di Tengah Mudik Lebaran

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.