Home BUMN KA CEPAT MAGLEV JKT-BANDUNG ?

KA CEPAT MAGLEV JKT-BANDUNG ?

160
0
Ahmad Daryoko Koordinator INVEST.

Oleh : Ahmad Daryoko
Koordinator INVEST.

Penulis mengenal KA Cepat Maglev (Magnetically Levitated Train) atau KA Cepat dng roda penyangga berupa lempeng baja yang mengambang sekian mm diatas lempeng baja rel dibawahnya, sekitar tahun 2007 saat kunjungan untuk “Factory Test” pembangkit di Harbin China. Ketika itu penulis mendapat penugasan dari PLN sebagai Pimpro Proyek PLTU Tanjung Awar2 Tuban, Jatim dengan Main Contractor Shinomach – CNEEC dari China.

Ketika mau naik KA Cepat itu sempat kaget, ini KA kok tidak ada rodanya ? Padahal berstatus sebagai KA Cepat ? Ternyata sbg pengganti roda adalah lempeng baja menyerupai “per” truck yang bertumpu diatas rel (lebih lebar dari rel KA konvensional). Saat KA mau berangkat, lempeng serupa “per” itu terangkat sekian mm diatas rel , kemudian setelah sekian detik dng gaya magnet terdorong kedepan dengan kecepatan tinggi . Menurut penjelasan saat berada dalam gerbong KA dimaksud , kecepatan maksimum bisa mendekati kecepatan pesawat sekitar 900 Km/jam. Kecepatan yang tinggi ini bisa dicapai karena teknologi Maglev dengan “roda” lempeng baja tersebut.

BAGAIMANA DENGAN KA CEPAT CHINA PADA PROYEK JKT-BDG ?

Informasi yang ada saat melaunching Proyek tersebut dikatakan bahwa jenis KA adalah KA mutakhir dengan teknologi Maglev (sepadan dengan nilai proyek awal saat itu sebesar Rp 86 trilyun).

Namun saat KA Cepat tersebut mulai tiba di Indonesia dan diliput oleh beberapa media televisi beberapa hari yang lalu, ternyata gerbong gerbong KA Cepat China tersebut terlihat rodanya yang sedang nangkring diatas rel KA Convensional. Walaupun KA Shinkanzen Tokyo – Osaka pun masih memakai teknologi Convensional juga meskipun kecepatan nya bisa mencapai 350 Km/jam.

Dengan demikian ada pertanyaan. Bagaimana sesungguhnya spesifikasi teknik KA yang dipesan dari China pada awal 2015 (awal kekuasaan Rezim Jokowi) itu ? Spesifikasi klas Maglev , atau Parahiyangan, atau Argobromo , atau Shinkanzen ?

MAGELANG, 05 OKTOBER 2022.

Previous articlePRO KONTRA PROGRAM 35 GW
Next articleMAFIA JUDI ONLINE 303 DAN MANTAN NARAPIDANA KASUS KORUPSI DIDUGA KUASAI KONSESI TAMBANG PT. MHU

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.