Home Ekbiz Corporate Mitsubishi Power Rampungkan Pembangkit Listrik Mega 2.650 MW GTCC di Thailand

Mitsubishi Power Rampungkan Pembangkit Listrik Mega 2.650 MW GTCC di Thailand

171
0
Pembangkit-Listrik-GTCC-di-Chonburi. | IST
Pembangkit-Listrik-GTCC-di-Chonburi. | IST

ENERGYWORLD.CO.ID – TOKYO, Mitsubishi Power, suatu merek solusi daya Mitsubishi Heavy Industries, Ltd. (MHI), telah memulai pengoperasian unit M701JAC keempat dan terakhir di pembangkit listrik tenaga gas alam skala ultra-besar di Provinsi Chonburi, Thailand (18/10). Pembangkit ini dimiliki oleh perusahaan patungan Gulf Energy Development PCL, salah satu produsen listrik independen terbesar di Thailand,
bersama dengan Mitsui & Co., Ltd.

Tonggak pencapaian ini, yang diperingati dengan upacara di fasilitas Chonburi, menandakan selesainya salah satu dari dua sistem pembangkit listrik termal siklus gabungan turbin gas (GTCC) 2.650 MW di Thailand yang kontrak turnkey penuhnya diperoleh oleh Mitsubishi Power pada tahun 2018.

Pembangunan proyek pembangkit listrik kedua saat ini sedang berlangsung di Provinsi Rayong. Pembangkit listrik Chonburi terletak sekitar 130 km tenggara Bangkok, dan dioperasikan oleh perusahaan patungan Gulf SRC Company Limited * . Unit pertama sudah beroperasi secara komersial selama 1,5 tahun, unit kedua selama satu tahun, dan unit ketiga selama enam bulan – yang mana ketiganya memiliki tingkat operasi tinggi. Pada bulan September 2022, turbin gas M701JAC dari unit pertama mencapai 8.000 jam kerja aktual (AOH), menjadikan ini tolok ukur keandalan industri.

Peralatan pembangkit listrik GTCC dalam proyek ini terdiri dari empat power train per pembangkit listrik, yang masing-masingnya terdiri dari empat subsistem: turbin gas M701JAC, turbin uap, generator uap pemulihan panas, dan generator. Meskipun banyak kendala yang muncul dalam berbagai hal akibat pandemi COVID-19, seperti transportasi peralatan dan mobilitas insinyur inti setempat, pembangunan pembangkit listrik Chonburi berjalan sesuai rencana awal berkat kecerdikan dan kerja keras berbagai pihak yang terlibat serta pelaksanaan dukungan instalasi jarak jauh dan penggunaan metode konstruksi alternatif.

Gulf Energy Development PCL sangat memuji kemampuan konstruksi dan rekayasa Mitsubishi Power. Selama lebih dari 10 tahun, Gulf Energy dan Mitsubishi Power telah membangun hubungan yang berlandaskan kepercayaan yang solid, dan perampungan pembangkit GTCC ini mencerminkan hal tersebut. Mitsubishi Power melaksanakan proyek ini sebagai sebuah tim yang terpadu, dan kami berterima kasih atas komitmen dan ketangguhan Mitsubishi Power, sehingga keempat power train dapat beroperasi sesuai jadwal penyelesaian yang telah disepakati, bahkan di tengah rintangan pandemi COVID-19.

Takashi Tozawa (Deputy Head of Energy Transition & Power Headquarters, Senior General Manager, GTCC Business Division/MHI) (kedua dari kiri), Junta Sasaji (Managing Director/Mit-Power Capitals (Thailand) Limited) (ketiga dari kiri) dan Natcharee Pongrattanadej (Deputi COO/Gulf Energy Development PCL) (ketiga dari kanan) bersama dengan perwakilan dari Otoritas Pembangkit Listrik Thailand dan Sino-Thai Engineering and Construction PCL pada upacara penyelesaian Pembangkit Listrik | IST
Takashi Tozawa (Deputy Head of Energy Transition & Power Headquarters, Senior General Manager, GTCC Business Division/MHI) (kedua dari kiri), Junta Sasaji (Managing Director/Mit-Power Capitals (Thailand) Limited) (ketiga dari kiri) dan Natcharee Pongrattanadej (Deputi COO/Gulf Energy Development PCL) (ketiga dari kanan) bersama dengan perwakilan dari Otoritas Pembangkit Listrik Thailand dan Sino-Thai Engineering and Construction PCL pada upacara penyelesaian Pembangkit Listrik | IST

Mr. Takashi Tozawa, Deputy Head Energy Transition Power Headquarters, Senior General Manager, GTCC Business Division MHI, juga bangga dengan pencapaian hebat ini. “Berkat kerja sama semua pihak yang terlibat, kami telah mencapai operasi komersial keempat power train pembangkit listrik tanpa insiden apa pun, sesuai dengan jadwal kontrak awal. Kami bangga menyampaikan bahwa ini satu-satunya proyek di Thailand yang mulai beroperasi tepat waktu, meskipun adanya pandemi COVID-19. Saya yakin bahwa hubungan solid kami selama lebih dari 10 tahun dengan pelanggan di Thailand akan menghasilkan kesuksesan serupa pada proyek yang saat ini sedang dibangun di Provinsi Rayong.”

Bersama dengan Mr. Takashi Tozawa, Ms. Natcharee Pongrattanadej, Deputy COO Gulf Energy Development PCL, dan Mr. Junta Sasaji, Managing Director Mit-Power Capitals (Thailand) Limited, anak perusahaan Mitsui, juga menghadiri upacara penyelesaian.
Penyelesaian pembangkit listrik di Provinsi Rayong akan menjadi fokus, dengan demikian Mitsubishi Power akan terus meningkatkan upaya untuk menggalakkan adopsi turbin gas tipe JAC mutakhir secara luas, sehingga akan membantu memastikan stabilitas tenaga listrik yang penting untuk pembangunan ekonomi di berbagai wilayah di dunia, sekaligus mengurangi dampak lingkungan dari pembangkit listrik. |WAW-EWI

Previous articleKementerian PUPR Harus Black List PT Adhi Karya Tbk Untuk Proyek IPAL di Riau
Next articleElektrifikasi dan Jalur Menuju Net-Zero

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.