Home AMDAL Mengintip Kekuatan “Banpu” – Berkembang Berkat Ekosistemnya yang Kuat

Mengintip Kekuatan “Banpu” – Berkembang Berkat Ekosistemnya yang Kuat

261
0
Energy Technology | IST
Energy Technology | IST

ENERGYWORLD.CO.ID – Di tengah ketidakpastian semua situasi di dunia serta fluktuasi pasar energi, Banpu Public Company Limited, penyedia energi serba guna internasional, terus tumbuh kuat di panggung global. Perseroan memperluas pertumbuhannya dalam 3 kelompok usaha inti – sumber daya energi, pembangkitan energi dan teknologi energi – yang saling mempromosikan dan mendukung, menghubungkan dari hulu ke hilir, dari satu negara ke negara lain, dan dari satu kelompok usaha ke kelompok usaha lainnya. Grup bisnis.

Banpu juga siap memperkuat ekosistem bisnis grup Banpu untuk memperluas pertumbuhannya di industri energi dengan lebih dari 60 aset bisnis di kawasan Asia-Pasifik. Saat ini, Banpu juga berinvestasi di bisnis lain di luar bisnis energi untuk menciptakan lompatan pertumbuhan baru (Kurva-S) dan membanggakan keunggulan kompetitif jangka panjang dan hasil yang berkelanjutan.

Ekosistem Banpu – ekosistem bisnis yang memperkuat dan menciptakan keunggulan kompetitif

Tidak dapat dipungkiri bahwa operasional bisnis saat ini penuh tantangan dan dipengaruhi oleh berbagai faktor eksternal. Dalam situasi VUCA yang menantang (kombinasi volatilitas, ketidakpastian, kompleksitas, dan ambiguitas), Banpu terus menjadi salah satu perusahaan energi yang tumbuh di bawah Ekosistem Banpu yang kuat.

Banpu mampu memanfaatkan sumber daya internal dan eksternal serta bersinergi dengan berbagai mitra untuk meningkatkan potensi dan menciptakan keunggulan kompetitif dalam bisnis yang mencakup dari hulu ke hilir.

Bisnis hulu mengacu pada sumber daya energi yang dianggap sebagai sumber produksi dan pengembangan energi termasuk tambang dan shale gas. Bisnis menengah adalah manajemen, yang terdiri dari manajemen rantai pasokan dan aktivitas perdagangan. Dan bisnis hilir adalah mengubah sumber daya menjadi energi siap pakai; yaitu listrik, energi terbarukan untuk mengembangkan dan menyediakan solusi energi cerdas.

Sinergi – sinergi untuk pertumbuhan Ekosistem Banpu

Banpu telah mensinergikan operasi dari 3 kelompok bisnis intinya – sumber daya energi, pembangkit energi dan teknologi energi dengan berbagi sumber daya dan teknologi dan bertukar pengetahuan sambil juga mencari peluang untuk memperluas investasi di negara-negara strategis kelompok Banpu dalam berbagai bentuk untuk mencapai yang paling efisien hasil bisnis.

Misalnya bisnis Banpu di Amerika Serikat yang dimulai dari bisnis shale gas yang merupakan bagian dari portofolio energi bersih sesuai dengan strategi Perusahaan yang Lebih Hijau & Lebih Cerdas. Sekarang telah terintegrasi dengan bisnis pembangkit dan distribusi listrik. Hal ini mengarah pada bagaimana Perusahaan dapat berinvestasi dan mengoperasikan pembangkit listrik CCGT Temple I yang berlokasi di Texas, AS, yang merupakan salah satu pusat populasi yang paling terkonsentrasi dan berkembang pesat di Amerika Serikat.

Banpu terus mengembangkan bisnisnya di dalam negeri dengan terus mengakuisisi tambahan aset gas alam dari XTO pada tahun 2022, mempertahankan statusnya sebagai salah satu dari 20 produsen gas alam terbesar di AS. Banpu terus memanfaatkan ekosistemnya untuk peluang investasi dalam bisnis energi terbarukan di AS yang merespons ukuran area dan pasar yang besar.

Selain itu, Banpu berusaha untuk mengembangkan bisnis teknologi energinya yang memenuhi tren energi global di Australia, Indonesia dan China yang merupakan wilayah bisnis utama sumber daya energi tradisional Banpu.

Untuk meningkatkan proporsi pembangkitan listrik dari energi bersih, Banpu memiliki rencana untuk membangun pembangkit listrik tenaga surya di area pertambangan di Australia, memanfaatkan area bisnis aslinya untuk sebesar-besarnya keuntungan dengan menghasilkan lebih banyak pendapatan bagi Perusahaan. Banpu juga mengembangkan bisnis teknologi energi yang menjawab gaya hidup konsumen modern dengan solar rooftop dan mini hydropower di Indonesia.

Selain itu, anak perusahaan Banpu, yang telah mengoperasikan pembangkit listrik di China selama lebih dari 20 tahun, juga mendapat dukungan yang sangat baik dari pemerintah daerah di Zhengding untuk memperpanjang proyek solar rooftop. Semua ini dimungkinkan karena keahlian dalam mengembangkan teknologi energi pintar yang dimiliki Banpu dan diterapkan pada bisnisnya di negara lain.

Banpu Ecosystem_EN | IST
Banpu Ecosystem_EN | IST

Berbagi pengetahuan – keahlian dan pengetahuan siap untuk ditransfer dalam organisasi.

Selain mempersatukan karyawan di semua negara bersama-sama di bawah konsep “satu tujuan, satu tim”, budaya perusahaan yang kuat – “Banpu Heart” serta pengembangan karyawan di bawah konsep Upskill & Reskill, Banpu sedang mempersiapkan karyawan agar adaptif untuk merespons terhadap perubahan dan tantangan yang cepat di sektor energi dan menciptakan talenta-talenta baru untuk mendukung pertumbuhan organisasi melalui pendirian “Banpu Academy”.

Dengan tujuan pengembangan sumber daya manusia dan menciptakan basis pengetahuan yang siap untuk dibagikan di dalam organisasi, Banpu bertekad menjadikan dirinya sebagai ‘Organisasi Pembelajaran’ yang nyata.

Banpu Academy didirikan di kantor Thailand sebelum berekspansi ke Indonesia dan Australia sebagai negara percontohan untuk mengembangkan kursus pengembangan sumber daya manusia di semua tingkatan, terutama pengetahuan tentang teknologi digital yang penting bagi pertumbuhan organisasi.

Berbagai pelatihan karyawan disediakan termasuk Program Kepemimpinan Global Banpu, yang menyatukan para eksekutif dari grup Banpu di semua negara untuk belajar bersama mempromosikan keragaman dan inklusi di antara budaya yang berbeda dan menciptakan jaringan antar departemen yang berbeda. Hal ini menghasilkan kerja sama dan kolaborasi internasional serta dorongan bagi karyawan untuk mempraktikkan keterampilan berpikir inovatif dan siap beradaptasi untuk tetap terdepan dalam setiap perubahan melalui gaya kerja yang gesit, rotasi kerja, kerja lintas fungsi, dan kerja lintas negara.

Dengan ekosistem yang menciptakan koneksi dan berbagi pengetahuan di dalam organisasi, hal itu mengarah pada bagaimana Perusahaan mewariskan keahlian dan pemahaman baik di bidang pembangkit listrik maupun di bidang teknologi energi. Hal ini juga memungkinkan Banpu untuk memperluas peluang bisnis ke bisnis perdagangan energi di pasar tenaga pedagang mulai dari Jepang.

Banpu dapat membawa pengalaman dan pengetahuan dari manajemen bisnis perdagangan energi di Jepang untuk menciptakan peluang bisnis perdagangan energi di negara lain yang juga memiliki pasar tenaga pedagang, seperti Australia dan Amerika Serikat serta menerapkan pengetahuan dan keahlian Banpu NEXT dalam solusi teknologi energi untuk operasi bisnis di lokasi strategis.

Banpu juga meningkatkan dimensi bisnis baru untuk menunjukkan kemajuan dalam teknologi maju dan meletakkan dasar untuk belajar dan mengembangkan keahlian dalam kurva-S baru, yang mengarah pada perluasan portofolio terdiversifikasi Banpu yang menciptakan nilai tambah bagi bisnis energi saat ini. Selain itu, Banpu juga menanggapi cara baru dalam berbisnis dengan merangkul kemitraan dengan startup potensial untuk mendorong inovasi, menciptakan solusi bisnis dan memperluas basis pelanggan dengan tujuan bisnis yang saling menguntungkan.

Transformasi digital di seluruh organisasi untuk kesiapan teknologi dan inovasi

Banpu meningkatkan operasinya melalui transformasi digital. Departemen “Digital & Inovasi” memimpin dalam membangun kesiapan dalam teknologi dan inovasi, digitalisasi Perusahaan untuk menghadirkan “Energi Cerdas untuk Keberlanjutan” secara efisien. Pusat Kemampuan Digital (DCC) telah didirikan di banyak negara untuk meningkatkan kerja sama karyawan di setiap grup bisnis. Hal ini menciptakan inovasi kerja yang lebih cepat dan lincah.

Misalnya, pendirian Melak Digital Center untuk meningkatkan efisiensi operasi Tambang Trubaindo di Indonesia, yang merupakan pusat pengendalian operasi, koordinasi, dan pengumpulan data dari departemen lintas fungsi serta penerapan big data untuk menganalisis dan merencanakan operasi untuk mencapai efisiensi dan efektivitas yang lebih besar.

Selain itu, ada pengembangan aplikasi Laws In-Hands, sistem database hukum yang digunakan untuk melacak dan melaporkan perubahan undang-undang. Ini banyak digunakan di seluruh organisasi untuk mengelola dan mengurangi risiko perubahan kebijakan dan undang-undang yang terkait dengan operasi bisnis di setiap negara. Hal ini untuk memastikan bahwa Perusahaan benar-benar mematuhi undang-undang yang relevan dan menjaga status kewarganegaraan perusahaan yang baik di semua area di mana Perusahaan menjalankan bisnis.

Komitmen terhadap prinsip-prinsip ESG untuk Smarter Energy for Sustainability

 

Dengan pengalaman hampir 40 tahun dalam bisnis energi dan dari menjalankan bisnis di semua negara di Ekosistem Banpu, Banpu memahami kebutuhan energi dan faktor-faktor yang berkontribusi terhadap produksi energi di setiap negara. Banpu siap menjalankan bisnis untuk menjawab tren energi bersih dan kebijakan energi pemerintah di setiap negara tempat Perusahaan beroperasi.

Dalam beberapa tahun terakhir, Banpu telah menerapkan teknologi canggih yang membantu mengurangi dampak lingkungan di proses produksi termasuk penggunaan teknologi siklus gabungan gasifikasi terpadu (IGCC) di pembangkit listrik Nakoso IGCC Jepang dan teknologi turbin gas siklus gabungan (CCGT) di pembangkit listrik CCGT Kuil I, serta menerapkan proyek penangkapan dan penyerapan karbon (CCS) secara komersial dengan EnLink Midstream, LLC (EnLink) di AS untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi. Hal ini membawa Banpu lebih dekat ke tujuannya untuk bergabung dengan masyarakat rendah karbon, memperkuat prinsip-prinsip ESG dan memungkinkan Perusahaan untuk siap memberikan energi yang lebih cerdas untuk masa depan.

Banpu menggerakkan dan menumbuhkan bisnisnya sejalan dengan tren energi global melalui Ekosistem Banpu yang kuat yang secara signifikan menghubungkan semua unit bisnis inti dan menciptakan dukungan, sinergi, dan kerja sama yang membantu Banpu mencapai manfaat maksimal dalam hal investasi sekaligus mengurangi risiko.

Dengan kemitraan bisnis membuka jalan untuk membersihkan energi dan karyawan di semua negara memiliki tujuan yang sama, Banpu siap mempercepat proses transformasi untuk semua perubahan dan mencapai pertumbuhan berkelanjutan melalui strategi Lebih Hijau & Lebih Cerdas untuk menciptakan manfaat dan nilai bagi semua pemangku kepentingan dengan konsep “Smarter Energy for Sustainability”. |WAW-EWI

Previous articlePEMBUNUH INDUSTRI GULA ITU TERNYATA RAFINASI
Next articleCatatan Akhir Tahun 2022 CERI: Semua Proyek Kilang Pertamina Berpotensi Molor

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.