Home Ekbiz Corporate DEM SEMARANG 2023, CIPTAKAN KARYA BARU ANAK BANGSA

DEM SEMARANG 2023, CIPTAKAN KARYA BARU ANAK BANGSA

399
0

ENERGYWORLD.CO.ID —  Calon Pengurus Dewan Energi Mahasiswa (DEM) Semarang periode 2023/2024 resmi dilantik pada hari minggu, 5 Februari 2023 di Aula Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Jawa Tengah. DEM Semarang merupakan organisasi independent yang berisikan perguruan tinggi yang ada di Semarang dengan fokus isu utama yaitu energi melalui pembahasan lintas disiplin ilmu. Selain itu arah gerak DEM Semarang 2023 yaitu mengaktualisasikan Gerakan alternatif melalui pemberdayaan lintas disiplin ilmu guna menghadirkan skema baru dalam tranformasi energi.

Acara yang digelar tidak hanya prosesi pelantikan, akantetapi juga dibarengi dengan seminar energi nasional denganbeberapa narasumber yang diharap mampu memberikan awalyang baik bagi pengurus baru DEM Semarang. “Acara seminar energi dan pelantikan ini sangat membantukepengurusan baru agar lebih mengetahui potensi yang dimiliki Indonesia di sektor energi, sehingga nantinya dapatdikaji dan diberdayakan dengan tepatUjar Dede Indraswara selaku Presiden DEM Semarang

Dede Indraswara juga mengucapkan terimakasih KepalaDinas ESDM Jawa Tengah, Bapak Dr. Ir. Sujarwanto Dwiatmoko, M.Si yang telah menjadi pembicara utama sekaligus membuka acara seminar energi dan memberikan supportnya agar kepengurusan DEM Semarang 2023/2024mampu berkomitment dalam perwujudan Energi BaruTerbarukan baik skala daerah maupun skala nasional.

EnergiBaru Terbarukan (EBT) merupakan salah satu sektor yang harus memiliki SDM yang kuat karena berkaitan dengan teknologi terbaru. Pemerintah Indonesia juga memiliki target yang tinggi untuk pemanfaatan EBT, yaitu sebesar 23% dalam bauran energi nasional pada tahun 2025 (Rencana Umum Energi Nasional, 2017) dan 21,32% dalam bauran energi daerah Provinsi Jawa Tengah (Rencana Umum EnergiNasional, 2018),” ujar Sujarwanto

Seminar energi ini juga dihadiri oleh bapak Nikolas Denis Adrian selaku Manager sub bidang Perencanaan Sistem Kelistrikan PLN UID Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta yang bernada selaras dengan apa yang diungkapkan oleh Pak Kadis, bahwa banyak pengembangan EBT pada PLN UID Jateng DIY (UIDJTY) yang telah dilakukan. “berdasarkan roadmap PLN UIDJTY tahun 2021 – 2030 guna mendukung target bauran Energi Baru Terbarukan Nasional 23% di tahun 2025 maka pada tahun 2022 bauran EBT UIDJTY sebesar0,46%, berkembang pada tahun 2023 yaitu bauran EBT sebesar 2,16%, lalu target pada tahun depan 2024 bauran EBT sebesar 2,27%, sehingga PLN UIDJTY berkomitmen untuk memiliki target bauran EBT UIDJYT 2025 sebesar 4,24%. Tidak hanya itu PLN juga mendorong masyarakat agar menggunakan Electic Vehicle. Konsep EV Ecosystem inidiharapkan mampu memudahkan masyarakat untuk mengisidaya kendaraan listriknya melalui rumah masing-masing,”ujar Nikolas.

Perwujudan Green Mobility melalui Electric Vehicle juga dibahas dengan komperhensif oleh pemateri kedua seminar energi yaitu bapak Wulan Rudy Prasetyo, S.E selaku DirekturUtama UNITED E-Motor Jawa Tengah.

Penggunaan kendaraan listrik merupakan harapan masa depan bagi pemanfaatan energi baru terbarukan, oleh sebab itu future is now, masa depan adalah hari ini untuk bisa berkontribusi bagikeberlanjutan masa depan yang rendah polusi,”pungkas Rudy. (RED/EWINDO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.