Home BUMN KOTAK PANDORA BARU AKAN DIBUKA

KOTAK PANDORA BARU AKAN DIBUKA

393
0

Pagi ini saya bangun dengan berita yang membuat alis saya naik. Kotak pandora baru kemungkinan akan dibuka negara barat. Mereka benar-benar desperate untuk mengalahkan Russia, hingga dimunculkanlah statement berikut :

Inti berita itu adalah : EU (Uni Eropa) berencana membekukan aset Russia yang tersimpan di EU (baik itu aset negara maupun swasta), dan menggunakan sepenuhnya untuk diberikan ke Ukraina. So, what’s the meaning of this shit?

Ini artinya tidak ada yang aman dari kesewenang-wenangan barat. Tidak ada save heaven lagi di barat, tidak juga Swiss yang kesohor itu. Uang yang kita simpan di Eropa bisa diambil begitu saja oleh mereka, walau kita tidak bersalah sedikitpun, hanya karena negara kita bermasalah dengan pemerintah EU, seperti Russia. Bayangkan nasib penabung Russia yang tidak tahu apa-apa, mendapati uangnya dirampas, kemudian diserahkan ke Ukraina, padahal selama ini kita ga ngapa-ngapain. Mungkinkah suatu hari EU merampas rekening kita hanya karena negara kita bersikeras tidak mau membuka keran export nikel atau memerdekakan Papua? Sungguh mengerikan.

Tapi ini adalah wake up call. Jika memang ini benar-benar di laksanakan, maka tidak ada save heaven lagi di Eropa, tidak ada janji manis asuransi yang menjamin ini dan itu, semua nyatanya bisa diambil begitu saja oleh seorang berkuasa nun jauh di sana. Orang yang tidak kita kenal, bahkan mungkin tidak pernah kita dengar namanya. Yang artinya orang akan mulai freak out untuk menyimpan uang di Eropa, dan mulai melakukan diversifikasi ke HK dan negara-negara lain, dan tentu saja “Bitcoin”.

Lalu apa hubungannya dengan kita?

Well, not so bad. Justru mungkin ini kesempatan. Kalau itu terjadi, maka dunia (terutama Asia) akan mulai cash out uang mereka dari EU, yang mana pasar saham dan keuangan EU akan ambruk. Daaaannn…. Jika kita cukup pintar, kita bisa melakukan short selling terhadap saham-saham dan produk keuangan Eropa dan mengeruk untung yang sangat besar, sebelum akhirnya nanti kita beli kembali dengan harga sangat murah (sama seperti yang dilakukan Soros terhadap Asia di tahun 98).

So, that’s it, we wait, pasang mata, pasang telinga. Kalau EU benar-benar membuka kotak Pandora itu, kita mungkin ada kesempatan untuk jadi kaya raya.

William Win Yang

KABID Digitalisasi KADIN Indonesia & Business Strategist & Best Selling Book Writer

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.