Home BUMN Xurya pasang Instalasi PLTS Atap Plaza Indonesia, Dukung Energi Baru Terbarukan

Xurya pasang Instalasi PLTS Atap Plaza Indonesia, Dukung Energi Baru Terbarukan

326
0

ENERGYWORLD.CO.ID — Plaza Indonesia tambah instalasi PLTS Atap di area The Warehouse dan On Five sebesar 4,8 juta kWh atau setara dengan penekanan gas emisi CO2 sebanyak 4,5 juta kg.  Xurya, startup energi terbarukan yang mempelopori metode Rp0,- dalam pembiayaan PLTS Atap, kembali dipercaya oleh Plaza Indonesia untuk memasang PLTS Atap. Kali ini, Plaza Indonesia memasang PLTS Atap di area bangunan The Warehouse dan On Five, telah beroperasi sejak awal bulan Mei kemarin.

Plaza Indonesia sendiri telah menjadi client Xurya dari sejak awal Xurya berdiri. Sebelumnya, Plaza Indonesia juga memasang PLTS Atap di area bangunan hotel Grand Hyatt pada tahun 2019 lalu yang memiliki kapasitas sebesar 4,8 juta kWh.

Jacop Makmur, Director Plaza Indonesia mengatakan, “Penambahan instalasi PLTS Atap ini merupakan bagian dari komitmen Plaza Indonesia untuk terus mengevaluasi dan meningkatkan upaya perusahaan yang lebih ramah lingkungan melalui inovasi berkelanjutan. Dengan memanfaatkan energi matahari sebagai sumber daya utama, Plaza Indonesia berharap dapat mengurangi emisi karbon secara signifikan. Kami kembali mempercayakan Xurya untuk melakukan instalasi PLTS Atap di bangunan perusahaan kami. Hal ini dikarenakan Xurya memiliki tim yang profesional dan komunikatif, sehingga pemasangan PLTS Atap selalu dapat selesai tepat waktu dengan kualitas yang baik.”

Merujuk pada data Kementerian ESDM, sepanjang tahun 2022 lalu, kapasitas pembangkit EBT di Indonesia berhasil bertambah sebesar 1.004 MW, dengan rincian kapasitas PLTS sebesar 250 MWp. Dengan demikian, pembangkit EBT secara nasional secara total telah mencapai 12.535 MW. Untuk tahun 2023 ini ditargetkan bauran EBT bisa mencapai sebesar 368 MW, dengan target kapasitas PLTS sebesar 161 MW.

PLTS Atap Xurya yang terpasang di Plaza Indonesia dapat membantu perusahaan mengurangi ketergantungan pada sumber energi konvensional serta meningkatkan nilai keberlanjutan pada operasional bangunan perusahaan, yang mana saat ini Plaza Indonesia juga sedang dalam proses mendapatkan Green Building certification. Selain itu, instalasi ini akan memberikan manfaat jangka panjang dalam hal penghematan biaya energi.

Eka Himawan, Managing Director Xurya mengatakan, “Xurya sangat bangga dan senang dapat bekerjasama kembali dengan pihak Plaza Indonesia untuk melakukan instalasi PLTS Atap di lebih banyak bangunan milik perusahaan.  Instalasi PLTS Atap Xurya di Plaza Indonesia merupakan salah satu langkah konkrit bagi perusahaan dalam menjalankan bisnis yang bertanggung jawab terhadap lingkungan. Instalasi ini diharapkan dapat mendorong kesadaran para pelaku industri akan pentingnya penggunaan energi terbarukan dan dapat menjadi contoh bagi pelaku industri lain untuk beralih ke sumber energi terbarukan .”

Instalasi PLTS Atap Xurya di Plaza Indonesia kali ini berada di dua lokasi atap bangunan, yaitu area The Warehouse dan On Five, dengan total kapasitas daya sebesar 4,8 juta kWh. Kapasitas daya tersebut setara dengan penekanan gas emisi CO2 sebesar 4,5 juta kg atau sama dengan konsumsi listrik oleh 3.112 rumah. Instalasi PLTS Atap yang dilakukan oleh Plaza Indonesia juga memiliki nilai yang sama dengan menanam sebanyak 58.401 pohon.

Hingga saat ini, Xurya telah memiliki lebih dari 100 proyek PLTS Atap yang tersebar di Medan, Palembang, Lampung, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Makassar. Proyek PLTS Atap Xurya diperkirakan mampu memproduksi lebih dari 120 juta kWh energi bersih dan membuat lebih dari 2.900 ketersediaan lapangan pekerjaan hijau.(ED)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.