Home Energy BBM Pertamina Amankan Pasokan Energi Selama Libur Idul Adha

Pertamina Amankan Pasokan Energi Selama Libur Idul Adha

156
0

ENERGYWORLD.COID – Pertamina amankan pasokan energi selama liburan Idul Adha, hal ini seiring dengan adanya potensi peningkatan kebutuhan energi sepanjang libur Idul Adha, PT Pertamina Patra Niaga tetap siaga melayani masyarakat.

Pertamina Patra Niaga terus memastikan aspek availability dan Accessibility dapat memenuhi kebutuhan energi masyarakat.

“Seluruh fasilitas utama kami, Terminal BBM dan LPG, SPBU, Agen dan Pangkalan LPG, serta Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) tidak libur dan tetap beroperasi untuk mengalirkan energi bagi masyarakat,” kata Riva Siahaan Direktur Utama Utama PT Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero), Rabu (28/6).

Libur Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah pada tahun ini telah resmi ditetapkan pemerintah selama 5 hari. Dibarengi dengan kondisi pandemi yang terus membaik, masa libur panjang saat Idul Adha ini diperkirakan dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur atau sekadar berkumpul bersama keluarga menikmati suasana Idul Adha.

Menurut Riva yang terpenting pada masa libur panjang seperti ini adalah ketahanan stok untuk memastikan proses penjagaan dapat berjalan lancar. Sepanjang masa libur, Riva mengatakan Pertamina Patra Niaga mengamankan stok ketahanan di level yang aman, untuk Bensin atau bensin di angka 35 hari, Gasoil atau solar 41 hari, LPG 15 hari, dan Avtur 32 hari.

Angka ini di level yang aman, setiap hari juga terus dimonitor ketahanannya dan selalu dijaga di angka tersebut. Setiap tim operasional di Regional juga sudah kami siagakan, agar di jalur-jalur atau wilayah tertentu harus dibuatkan penanggulangan jika ada kemacetan atau peningkatan konsumsi BBM dan LPG tetap aman. Begitu juga dengan Avtur, di bandara-bandara kami telah berkoordinasi dengan maskapai mengantisipasi penambahan jadwal penerbangan,” ungkap dia.

Selain operasional, Riva mengatakan saat ini Pertamina Patra Niaga juga berkoordinasi dengan mitra SPBU dan Agen LPG berupa fasilitas kredit mengantisipasi tutupnya layanan bank atau tidak beroperasi dengan jam normal di hari biasa. Berbarengan dengan masa libur ini, per 26 Juni lalu Pertamina Patra Niaga juga melakukan penyesuaian harga LPG Non Subsidi mengacu tren LPG yang sedang turun, sehingga bisa dimanfaatkan untuk memasak saat Idul Adha

“Dengan berbagai antisipasi, harapannya tidak ada kendala layanan dan layanan BBM maupun LPG kepada masyarakat. Pertamina Patra Niaga juga turut mengucapkan Selamat Idul Adha bagi yang merayakan, selamat berkumpul bersama keluarga, dan terus menjaga kesehatan sepanjang libur panjang ini,” kata Riva. EDY/EWI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.