Home Energy Indonesia Ekspor LNG Capai 100 Kargo dari Kilang Tangguh dan Bontang

Indonesia Ekspor LNG Capai 100 Kargo dari Kilang Tangguh dan Bontang

117
0

ENERGYWORLD.CO.ID – Laporan dari SKK Migas untuk produksi gas alam cair atau liquefied natural gas (LNG) mencapai 100,8 kargo sepanjang semester I 2023. Dari jumlah itu sebanyak 71,3 kargo dialokasikan untuk ekspor yang sebagian besar untuk pasar Asia Timur.

 Dari 100 kargo yang diproduksi sebanyak 56,1 kargo berasal dari kilang LNG Tangguh dan sisanya sebesar 44,7 kargo dari kilang LNG Bontang di Kalimantan. “71,3 kargo itu diekspor, dan domestik sekitar 30 kargo dimanfaatkan ke domestik,” kata Kurnia Chairi, Deputi Keuangan dan Monetisasi SKK Migas<span;>, Selasa (18/7).

Ke depan porsi LNG atau gas untuk domestik dipastikan bakal terus meningkat seiring dengan bertambahnya produksi gas dari berbagai sumber.

“Kita ingin sampaikan bahwa kebijakan pemerintah masih tetap yaitu mengutamakan untuk pemanfaatan domestik mencapai 65%,” ujar Kurnia.

Beberapa sumber gas baru yang akan menjadi andalan memberikan kontribusi pasokan gas diantaranya ada Tangguh train 3, kemudian gas juga bakal berasal dari blok Kasuri yang dikelola Genting Oil. Selain itu ada juga dari proyek Indonesia Deepwater Development (IDD) serta tentu saja dari blok Masela.

“Ada juga dari Tomori LNG yang bisa dimanfaatkan, juga Wasambo ini memungkinkan, memanfaatkan LNGu ntuk di dalam negeri,” ujar Kurnia.EDY/EWI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.