Home LifeStyle Inovasi Inspeksi Boiler Pembangkit Listrik Menggunakan Drone, Solusi Mengamankan Operasi Industri

Inspeksi Boiler Pembangkit Listrik Menggunakan Drone, Solusi Mengamankan Operasi Industri

239
0
Drone Elios 2 dapat menggantikan pekerja untuk melakukan inspeksi di tangki yang tertutup | Dok. Terra Drone
Drone Elios 2 dapat menggantikan pekerja untuk melakukan inspeksi di tangki yang tertutup | Dok. Terra Drone
ENERGYWORLD.CO.ID – Perkembangan teknologi terus berlanjut di berbagai industri, termasuk dalam sektor pembangkit listrik. Salah satu inovasi yang cukup menarik adalah penggunaan drone oleh perusahaan Terra Drone Indonesia khususnya untuk melakukan inspeksi boiler. Inspeksi boiler merupakan langkah kritis dalam pengoperasian pembangkit listrik. Boiler merupakan infrastruktur penting yang digunakan dalam berbagai proses, termasuk pemanasan dan penghasilan uap yang mendukung berbagai operasi di fasilitas pembangkitan. Namun, kondisi boiler yang buruk dapat mengakibatkan masalah serius seperti kegagalan operasional, peningkatan risiko kecelakaan, dan bahkan potensi ledakan.

Dinyatakan, Michael Wishnu Wardana, CEO Terra Drone Indonesia, saat ini Terra Drone telah mengambil langkah inovatif dengan memanfaatkan teknologi drone, yang paling sering digunakan untuk melakukan inspeksi boiler adalah tipe Elios 2. Keunggulan teknologi drone terletak pada kemampuannya untuk mengakses area yang sulit dijangkau dengan aman dan cepat.

Berikut adalah beberapa hal utama yang dapat dicapai melalui penggunaan drone dalam inspeksi boiler:

1. Deteksi Cacat dan Anomali
Drone dilengkapi dengan sensor canggih yang memungkinkan untuk mendeteksi berbagai cacat dan anomali pada permukaan boiler. Hal ini termasuk kondisi korosi, retakan, diskontinuitas, perubahan geometri seperti penyok dan bergelombang, serta masalah yang diakibatkan oleh kondisi cacat stres.

2. Inspeksi Visual Internal
Selain inspeksi permukaan eksternal, drone juga dapat melakukan inspeksi visual internal di dalam boiler. Ini memungkinkan para inspektur untuk mendapatkan pandangan yang jelas tentang kondisi internal boiler tanpa perlu membongkar perangkat tersebut.

3. Laporan Pemeriksaan yang Komprehensif
Setelah selesai melakukan inspeksi, drone dapat mengumpulkan data dalam bentuk gambar visual dan video pemeriksaan yang mendetail. Data ini kemudian dapat disusun dalam laporan pemeriksaan yang mencakup rangkuman temuan dan kejanggalan yang ditemukan selama inspeksi.

Penggunaan drone dalam inspeksi boiler menurut Michael Wishnu Wardana, menawarkan sejumlah manfaat signifikan bagi industri pembangkit listrik, antara lain:

1. Efisiensi Operasional
Inspeksi boiler yang sebelumnya memerlukan waktu dan tenaga yang cukup besar kini dapat dilakukan dengan lebih cepat dan efisien berkat teknologi drone. Hal ini dapat mengurangi downtime fasilitas dan meningkatkan produktivitas.

2. Keamanan Inspektur
Dengan menggunakan drone, risiko bagi inspektur yang harus masuk ke area yang berbahaya dapat dikurangi secara signifikan. Drone dapat dioperasikan dari lokasi yang aman, sehingga mengurangi potensi risiko kecelakaan.

3. Akurasi dan Deteksi Dini
Teknologi sensor canggih pada drone memungkinkan deteksi cacat dan anomali pada tahap awal. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengambil tindakan pencegahan lebih awal, mengurangi risiko kegagalan peralatan, dan potensi dampak negatif lainnya.

Terra Drone Indonesia selama tahun 2023 ini sudah beberapa kali mengerjakan inspeksi visual boiler. Permintaanya terus bertambah terutama saat perusahaan melakukan waktu shutdown tangki. Dengan dikerjakan oleh para pilot profesional dan bersertifikasi, pekerjaan ini bisa diselesaikan dengan aman dan akurat. Diharapkan bahwa inovasi semacam ini akan terus mendorong perkembangan teknologi dalam industri pembangkit listrik untuk masa depan yang lebih baik. |WAW-EWI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.