Kesenjangan pendanaan energi terbarukan global lebih akut di negara-negara berkembang. Arus masuk uang terutama terjadi di AS, Tiongkok, dan UE, kata S&P Global laporan barunya.
ENERGYWORLD.CO.ID – Kesenjangan pendanaan energi terbarukan global sangat terkonsentrasi di negara-negara berkembang karena risiko yang lebih tinggi dan minat investor yang lebih rendah, menurut S&P Global Ratings.
Dikutip dari <span;>TheNationalnews<span;>, arus masuk uang sangat besar di AS, Tiongkok, dan UE. Namun, hal tersebut masih belum mencapai apa yang dibutuhkan untuk mencapai sasaran emisi gas rumah kaca nol bersih seperti yang tercantum dalam Perjanjian Paris, kata badan tersebut dalam sebuah laporan baru.
“Pemerintah beralih ke pasar modal karena besarnya skala investasi yang diperkirakan akan dibutuhkan dalam beberapa dekade mendatang,” kata S&P.
“Diperkirakan bahwa target-target yang disepakati oleh negara-negara besar di dunia berdasarkan Perjanjian Paris saat ini akan memerlukan setidaknya tiga kali lipat investasi transisi energi global menjadi lebih dari $5 triliun setiap tahun antara tahun 2023 dan 2050, jauh melampaui apa yang dapat ditangani oleh neraca pemerintah saja. ”
Upaya-upaya energi ramah lingkungan yang ada saat ini gagal mencapai tujuan-tujuan iklim global karena kurangnya investasi dan penerapannya, demikian yang ditunjukkan dalam laporan Badan Energi Internasional, Badan Energi Terbarukan Internasional, dan Pejuang Tingkat Tinggi Perubahan Iklim PBB.
Laporan tersebut meminta pemerintah untuk memperkuat kolaborasi di bidang-bidang utama seperti standar dan regulasi , bantuan keuangan dan teknis, serta penciptaan pasar untuk “mendorong” transisi energi.
Kapasitas energi terbarukan tahunan harus bertambah rata-rata 1.000 gigawatt per tahun pada tahun 2030 untuk memenuhi tujuan Perjanjian Paris, menurut Irena.
Investasi pada aset pembangkit energi terbarukan adalah bagian penting dari transisi energi, dengan perkiraan investasi tahunan sebesar $1,4 triliun hingga tahun 2050, menurut laporan S&P.
Respons pendanaan pasar sangat condong pada investasi pada aset pembangkit, khususnya aset fotovoltaik tenaga surya, kata badan tersebut.
“Kami melihat aliran modal saat ini lebih memilih aset pembangkit listrik terbarukan, yaitu tenaga angin dan surya, dengan kurang fokus pada, misalnya, transmisi dan penyimpanan.
“Dislokasi antara tujuan kebijakan dan investasi saat ini kemungkinan besar akan mengakibatkan hambatan integrasi dan disfungsi pasar energi kecuali desain pasar berkembang dengan cepat.”
Transisi energi Tiongkok akan memerlukan peningkatan investasi yang besar selama beberapa dekade ke depan, meskipun negara tersebut telah menyumbang hampir setengah dari belanja sektoral transisi energi global pada tahun 2022, menurut penelitian tersebut.
Sektor ketenagalistrikan di negara ini memimpin transisi ini melalui percepatan investasi, terutama pada kapasitas pembangkit energi terbarukan, jaringan listrik, dan penyimpanan energi, kata S&P.
“Badan-badan usaha milik negara (BUMN) di tingkat pusat dan daerah mendominasi investasi di sektor ketenagalistrikan,” menurut temuan laporan tersebut.
“Kontribusi yang lebih besar dari sektor swasta diperlukan untuk mencapai tujuan netralitas karbon Tiongkok yang ambisius. Para pembuat kebijakan telah berupaya untuk mendorong investasi swasta, namun insentif bagi modal swasta dan kerangka peraturan yang tepat perlu diperluas melalui reformasi pasar yang lebih mendalam.”
Di AS, struktur federal membatasi sejauh mana mandat pemerintah pusat dapat secara langsung mempengaruhi investasi energi, kata laporan tersebut.
Undang-undang Pengurangan Inflasi tahun 2022-lah yang paling jelas memberikan kebebasan kepada sektor swasta untuk mengarahkan investasi yang memenuhi syarat untuk mendapatkan insentif,” kata S&P.