Home Energy Listrik Mercedes-Benz Luncurkan Perdana Truk Listrik Jarak Jauh eActros 600

Mercedes-Benz Luncurkan Perdana Truk Listrik Jarak Jauh eActros 600

174
0

ENERGYWORLD.CO.ID – Mercedes-Benz Trucks telah meluncurkan versi truk jarak jauh bertenaga baterai pertama. Pabrikan tersebut menyebarkan Mercedes-Benz eActros 600 kepada khalayak internasional di sebuah acara yang berlangsung di Break Autohof Hamburg Nordheide di jalan tol A7 di Egestorf di selatan Hamburg pada 10 Oktober 2023.

Truk ini merupakan truk listrik kategori tugas berat akan menjadi standar baru dalam hal teknologi, keinginan, desain, dan profitabilitas E-truck akan menggantikan sebagian besar truk diesel di segmen ini dalam jangka panjang.

Penghematan CO2 lebih dari 80 persen dibandingkan dengan truk diesel. Jangkauan 500 kilometer tanpa pengisian daya tambahan. Mampu menjangkau lebih dari 1.000 kilometer per hari dengan pengisian daya di tiap jeda istirahat pengemudi.

“eActros 600 mewakili transformasi transportasi barang di jalan raya menuju netralitas CO2. Truk ini dilengkapi dengan teknologi penggerak yang sangat inovatif, yang menawarkan efisiensi energi yang sangat tinggi kepada pelanggan kami, dan dengan demikian juga menawarkan profitabilitas. Hal ini membuat e-mobilitas semakin tinggi menarik bagi operator armada,” kata Karin Rådström, CEO Mercedes-Benz Trucks, pada keterangan tertulis resminya, Selasa (10/10/2023).

Dengan truk listrik pada sektor tugas berat ini, Daimler Truck bermaksud untuk menetapkan standar baru dalam transportasi angkutan jalan raya, terutama dalam hal teknologi, keinginan, desain, dan bagi profitabilitas operator armada kendaraan listrik.

Model ini memiliki kapasitas baterai yang tinggi, lebih dari 600 kilowatt jam, sehingga model ini diberi nama 600. Poros penggerak listrik baru yang sangat efisien dikembangkan secara internal memungkinkan e-truck mencapai jarak tempuh 500 kilometer tanpa pengisian ulang. Ini berarti bahwa eActros 600 akan mampu menempuh jarak lebih dari 1.000 kilometer per hari.

Hal ini dimungkinkan dengan pengisian ulang selama waktu istirahat pengemudi – bahkan tanpa pengisian daya megawatt. Sekitar 60 persen perjalanan jarak jauh pelanggan Mercedes-Benz Trucks di Eropa masih di bawah 500 kilometer, sehingga infrastruktur pengisian daya di depo dan di titik bongkar muat sudah mencukupi untuk kasus-kasus seperti itu.

Untuk penggunaan di wilayah lain, perluasan infrastruktur pengisian daya publik yang berkelanjutan sangat penting untuk membuat truk listrik dapat digunakan untuk transportasi jarak jauh di seluruh Eropa. Selain pengisian daya CCS hingga 400 kW, eActros 600 nantinya akan dapat menggunakan pengisian daya Megawatt (MCS).

Sejak awal penjualan, pelanggan akan dapat memesan pra-instalasi untuk ini. Segera setelah teknologi MCS tersedia dan distandarisasi di semua produsen, maka MCS akan mungkin untuk dipasang pada model eActros 600 ini. Baterai dapat diisi 20 hingga 80 persen dalam waktu sekitar 30 menit di stasiun pengisian daya yang sesuai dengan output sekitar satu megawatt.

Kendaraan ini secara teknis dirancang untuk berat kombinasi kotor hingga 44 ton. Dengan standar semi trailer, eActros 600 mampu memiliki kargo sekitar 22 ton di Uni-Eropa. Dalam beberapa kasus, undang-undang nasional bahkan mengizinkan muatan yang lebih tinggi. Secara visual, e-truck memiliki ciri khas desain yang baru dan murni dengan garis-garis yang bersih dan bentuk yang aerodinamis.

Mercedes-Benz Truck berharap truk listrik seperti ini dalam jangka panjang akan menggantikan sebagian besar truk mesin diesel yang biasa dipakai untuk perjalanan jarak jauh. EDY/EWI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.