Home Migas Investasi Exxon Mobil akan Bangun Kilang Petrokimia Hijau di Indonesia dengan Nilai USD15...

Exxon Mobil akan Bangun Kilang Petrokimia Hijau di Indonesia dengan Nilai USD15 Miliar

264
0

Terima Chairman Exxon Mobil Corporation Darren Woods, Presiden Jokowi Apresiasi Kerja Sama Pembangunan Kilang Petrokimia Hijau

 ENERGYWORLD  – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima Chairman Exxon Mobil Corporation Darren Woods di Hotel Four Seasons, San Francisco, Amerika Serikat (AS), Rabu (15/11/2023). Dalam pertemuan tersebut dibahas mengenai rencana kerja sama dekarbonisasi melalui pembangunan kilang petrokimia hijau dan carbon capture storage  (CCS).

“Saya apresiasi rencana kerja sama untuk pembangunan kilang petrokimia hijau dan carbon capture storage <span;> (CSS) dengan nilai mencapai USD15 miliar,” ujar Presiden dalam pertemuan.

Fasilitas CSS tersebut direncanakan akan menjadi salah satu yang terbesar di Asia Tenggara, sedangkan kilang petrokimia hijaunya salah satu yang tercanggih di dunia.

“Saya senang mendengar bahwa fasilitas CCS akan menjadi yang terbesar di Asia Tenggara dan kompleks petrokimia Exxon akan menjadi salah satu yang tercanggih di dunia,” imbuhnya.

Dalam keterangan terpisah, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi menyampaikan bahwa dalam pertemuan Presiden Jokowi juga mengundang Exxon Mobil Corporation untuk terlibat dalam pembangunan energi baru terbarukan (EBT) dan infrastruktur hijau di Indonesia, termasuk di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Bapak Presiden juga mengundang ExxonMobil untuk berinvestasi di bidang energi baru dan terbarukan serta pembangunan infrastruktur hijau,” kata Menlu.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menlu Retno LP Marsudi, dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.  EDY/EWINDO

sumber: setkab.go.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.