Home Energy Tambang Arab Saudi Muncul Sebagai Pemimpin Global Dalam Mineral Ramah Lingkungan

Arab Saudi Muncul Sebagai Pemimpin Global Dalam Mineral Ramah Lingkungan

161
0

Khalid Al-Mudaifer menekankan bahwa Kerajaan ini memiliki keunggulan kompetitif yang unik sebagai pusat pemrosesan mineral yang mencakup mineral ramah lingkungan, baja, aluminium, tembaga, dan magnesium.

ENERGYWORID – Khalid Al-Mudaifer<span;> <span;><span;>wakil menteri urusan pertambangan di Kementerian Perindustrian dan Sumber Daya Mineral mengatakan, <span;>Arab Saudi memiliki keunggulan kompetitif untuk menjadi pemimpin global dalam mineral ramah lingkungan.

Berbicara pada konferensi pers untuk Forum Mineral Masa Depan edisi ketiga yang dijadwalkan pada 9-11 Januari di Riyadh, Khalid Al-Mudaifer menekankan bahwa Kerajaan Arab Saudi memiliki keunggulan kompetitif yang unik sebagai pusat pemrosesan mineral yang mencakup mineral ramah lingkungan, baja, aluminium, tembaga dan magnesium.

“Arab Saudi adalah tempat berkumpulnya dunia. Permintaan kami akan mineral dan transformasi mineral menjadikan kami tempat untuk berkumpul,” kata Al-Mudaifer kepada Arab News dalam sebuah wawancara.

Dia juga menggarisbawahi bahwa Kerajaan Arab Saudi memiliki sumber daya alam yang besar dan diperkirakan berjumlah sekitar $1,3 triliun.

Sebagian besar sumber daya ini mencakup fosfat, yang merupakan 25 persen dari perkiraan kekayaan.

“Arab Saudi adalah produsen pupuk fosfat terbesar ketiga… ini dianggap hampir 7 persen dari seluruh dunia,” tegas Al-Mudaifer.

Menegaskan kembali keunggulan kompetitif Kerajaan Arab Saudi, Al-Mudaifer juga menggarisbawahi bahwa proses pembuatan fosfat melibatkan kebutuhan infrastruktur tertentu, termasuk gas untuk produksi amonia dan nitrogen serta sulfur, yang diproduksi Aramco melalui operasi minyak dan gasnya.

Keunggulan kompetitif ini memungkinkan Kerajaan Arab Saudi membangun industri fosfatnya dengan investasi lebih dari SR60 miliar ($16,2 miliar).

“Kami telah mengumumkan, atau ada upaya untuk mengaktifkan fosfat empat dan tiga, yang mana SR40 miliar lainnya akan diinvestasikan di masa depan,” tambah Al-Mudaifer.

Tujuannya adalah untuk memposisikan Kerajaan Arab Saudi sebagai pemasok pupuk fosfat terbesar kedua atau ketiga secara global.

Selain itu, ia mencatat bahwa sektor swasta telah memainkan peran penting, dengan berinvestasi lebih dari SR120 miliar dalam inisiatif ini.

Pada saat yang sama, pemerintah juga telah memberikan kontribusi lebih dari SR50 miliar untuk meningkatkan dan mendukung pertumbuhan industri fosfat.

Pendekatan ini menggambarkan upaya kolaboratif antara sektor swasta dan publik untuk meningkatkan kemampuan dan daya saing Arab Saudi di pasar pupuk fosfat global.

Dalam konferensi pers tersebut, Al-Mudaifer mengungkapkan bahwa 95 negara dan lebih dari 20 organisasi di seluruh dunia akan berpartisipasi dalam FMF.

“Untuk pertama kalinya, Survei Geologi Saudi akan berpartisipasi dalam konferensi ini,” katanya, seraya menambahkan bahwa akan ada lebih dari 75 sesi yang berlangsung pada 10-11 Januari.

Pada bulan Oktober, selama Pekan Iklim Timur Tengah dan Afrika Utara 2023, Al-Mudaifer menyoroti strategi Arab Saudi untuk menjadi pembangkit tenaga listrik di sektor ini, menurut Saudi Press Agency.

Dia menekankan bahwa dengan memanfaatkan lokasi Kerajaan yang strategis, infrastruktur yang maju, dan permintaan lokal yang kuat, pemerintah sedang memetakan jalur untuk mengamankan mineral yang diperlukan untuk transformasi industri nasional.

<M“Arab Saudi berkomitmen terhadap transisi menuju energi ramah lingkungan, seperti yang ditunjukkan oleh pengembangan strategi industri pertambangan dan mineral yang dirancang untuk mengatasi tantangan-tantangan kritis,” katanya.

Kerajaan Arab Saudi telah berjanji untuk mencapai emisi nol bersih pada tahun 2060. Kerajaan ini telah melakukan inisiatif perubahan iklim senilai $1 miliar untuk mencapai target ini, termasuk membangun pusat penangkapan dan penyimpanan karbon regional, pusat peringatan dini badai, dan program penyemaian awan. EDY/EWINDO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.