Home Energy Oil Sumur Minyak dengan Cadangan Minyaknya Mencapai 92,79 Juta Barel di Temukan Pertamina di...

Sumur Minyak dengan Cadangan Minyaknya Mencapai 92,79 Juta Barel di Temukan Pertamina di Tambun Bekasi

192
0

ENERGYWORLD – Cadangan minyak baru telah ditemukan Pertamina Hulu Energi (PHE) di Kecamatan Tambelang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, pada 6 Desember 2023. Sumur minyak tersebut diberinama Pondok Aren Timur (EPN-001).

Kepastian adanya minyak didapat setelah melakukan pengeboran. Dari bahan awal yang keluar dari perut bumi itu, Muharram dan tim langsung melakukan pengujian dengan cara dibakar. Jadi ada api, itu (berarti) bukan udara. Tapi minyak. Api jadi kabar gembira bagi kita,” kata <span;><span;>Direktur Eksplorasi PT Pertamina Hulu Energi Muharram Jaya Panguriseng.

Sumur itu berada di Kecamatan Tambun dan dilakukan pengamatan sejak Agustus 2023. Minyak itu berada di lahan matang milik Pertamina EP.
Cadangan minyak dari EPN mencapai 92,79 juta barel setara minyak atau Million Barrels of Oil Equivalent (MMBOE). Ke depan, memohon doa agar penemuan terhadap Drill Stem Test (DST) bisa dilaksanakan dengan baik.
“Alhamdulillah penemuan dari DST dua saat ini masih berkembang untuk DST yang ketiga secara hitungan cepat ini tersaji di sini bahwa DST dua ini kita punya cadangan di tempat tesnya itu sekitar 92,27 juta barel. Secara pemulihan itu sekitar 22,78 juta barel minyak pompa,” jelasnya.
“Mohon doanya karena masih ada satu DST lagi, DST tiga nanti. Harapan saya, ini sama dengan DST dua sehingga ini menjadi ruang kita untuk memperluas usia industri kita terutama di Jawa Barat,” tandasnya.
Sementara itu, mengutip laman resmi Pertamina, PT Pertamina EP (PEP) Regional Jawa Subholding Upstream Pertamina juga mengumumkan telah menemukan tambahan suber daya hidrokarbon di Jawa Barat, yakni East Akasia Cinta (EAC)-001 di wilayah kerja PEP Lapangan Jatibarang Kabupaten Indramayu.

Melalui Uji Alir Produksi (Drill Stem Test/DST) sumur EAC-001 diperoleh hasil laju alir minyak sebesar 30 BOPD, gas mencapai 2,08 MMSCFD dan kondensat setara 15,05 BCPD.

Sumur EAC-001 ditajak pada 4 September 2023 dengan tujuan utama di Reservoir Batupasir konglomeratik Formasi Jatibarang dan Reservoir batugamping Formasi Upper Cibulakan yang merupakan proven play atau konsep yang menghasilkan hidrokarbon di Lapangan Jatibarang dan Akasia Prima, Sub-Cekungan Jatibarang . Pengeboran ini mencapai kedalaman akhir di 2520 mMD.
Rig dinyatakan rilis dari Sumur EAC-001 pada tanggal 28 November 2023 dengan total realisasi hari operasi sebanyak 85 hari serta keberhasilan secara operasional ini juga diterapkan dengan penerapan Budaya HSSE yang tinggi dengan capaian 155.016 jam kerja.
Temuan cadangan ini sebagai bagian penting dari program pemerintah di sektor energi nasional untuk mencapai target produksi gas 12 miliar standar kaki kubik per hari (BSCFD) dan produksi minyak 1 juta barel per hari pada 2030. Selama periode Januari hingga akhir November 2023, Pertamina EP menyumbang produksi minyak bumi nasional sebesar 69.624 BOPD, dan gas bumi sebesar 838,6 MMSCFD. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.