Home Ekbiz TENAGA SURYA Defiyan Cori Menilai Langkah Pemerintah Tepat Hapus Skema Jual-Beli Listrik dari PLTS...

Defiyan Cori Menilai Langkah Pemerintah Tepat Hapus Skema Jual-Beli Listrik dari PLTS Atap

179
0

ENERGYWORLD Konom Konstitusi Defiyan Cori merespons positif terhadap langkah Pemerintah yang akan menghapuskan skema jual-beli (ekspor-impor) daya listrik dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap.

Hal itu dilakukan pemerintah melalui revisi Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Permen ESDM) Nomor 26 Tahun 2021.

Menurutnya, keputusan Pemerintah untuk menghapus klausul yang memungkinkan penjualan beli daya listrik sudah tepat, karena hal tersebut tidak merugikan negara maupun masyarakat umum. 

“Penghapusan klausul tersebut adalah langkah yang tepat karena aturan jual-beli tersebut tidak masuk akal,” ujarnya dalam keterangannya, Kamis (8/2).

Defiyan menjelaskan bahwa salah satu pasal krusial yang dihapus adalah kewajiban transfer pembelian daya (ekspor-impor) dari PLTS Atap. 

“Dengan demikian, masyarakat yang memasang PLTS Atap harus memperhitungkan sejak awal berapa kebutuhan daya yang diperlukan,” tambahnya.

Namun demikian, Defiyan menekankan bahwa revisi Permen ESDM 26/2021 tetap memperbolehkan masyarakat Rumah Tangga dan industri untuk menggunakan listrik yang dihasilkan oleh PLTS Atap, asalkan sesuai dengan kapasitas yang dipasang.

Meskipun demikian, Defiyan berpendapat bahwa kebijakan yang tepat juga perlu diterapkan terhadap skema power wheeling yang akan dimasukkan dalam Rancangan Undang-Undang Energi Baru dan Energi Terbarukan (RUU EBET).

“Dengan demikian, kebijakan tersebut akan menjaga posisi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai pemegang amanah negara dalam sektor ketenagalistrikan, yang pada akhirnya akan mendukung kepentingan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya,” tutupnya. **

sumber: KONTAN.CO.ID .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.