Home Energy Terbarukan Tahun 2024 Rekor Pembangkit Listrik Tenaga Angin Meningkatkan Harapan Bagi Tujuan Energi...

Tahun 2024 Rekor Pembangkit Listrik Tenaga Angin Meningkatkan Harapan Bagi Tujuan Energi Hijau UE

149
0

ENERGYWORLD.CO.ID – Rekor tahun dalam pembangunan pembangkit listrik tenaga angin baru dan pulihnya investasi di sektor ini telah meningkatkan harapan bahwa UE dapat mencapai target energi bersihnya, kata kelompok industri WindEurope pada Reuters hari Rabu(28/2/2024).

Dalam laporan tahunannya, WindEurope menggambarkan tahun 2023 sebagai tahun “perbaikan signifikan” di bidang-bidang utama sektor energi angin Eropa, yang mengalami kesulitan pada tahun 2022 dengan melonjaknya inflasi, suku bunga, dan pasar energi yang bergejolak setelah Rusia menginvasi Ukraina.

Investasi pada pembangkit listrik tenaga angin lepas pantai Eropa tahun lalu melonjak menjadi 30 miliar euro, naik dari 0,4 miliar euro yang diinvestasikan pada tahun 2022. Negara-negara UE juga memasang kapasitas energi angin baru sebesar 16,2 gigawatt yang mencapai rekor tertinggi pada tahun lalu, sekitar 80% di antaranya adalah pembangkit listrik tenaga angin lepas pantai. ladang angin darat, kata kelompok itu.

Kelompok lobi mengatakan kebijakan UE untuk mempercepat izin proyek telah mendorong sektor ini, selain proposal blok tersebut untuk membantu proyek pembangkit listrik tenaga angin mengakses pembiayaan dan mengindeks harga dalam lelang energi terbarukan pemerintah. EDY

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.