Home Dunia Badan Amal Anti-Kemiskinan Oxfam: Israel ‘Sengaja’ Memblokir Bantuan ke Gaza

Badan Amal Anti-Kemiskinan Oxfam: Israel ‘Sengaja’ Memblokir Bantuan ke Gaza

119
0

ENERGYWORLD.CO.ID – Badan amal anti-kemiskinan Oxfam pada Senin menuduh Israel sengaja mencegah pengiriman bantuan ke Gaza selama perang dengan Hamas, yang melanggar hukum kemanusiaan internasional.

Organisasi non-pemerintah tersebut mengatakan dalam sebuah laporan bahwa Israel terus “secara sistematis dan sengaja memblokir dan melemahkan respons kemanusiaan internasional yang berarti” di wilayah Palestina.

Mereka menuduh Israel menentang perintah Mahkamah Internasional pada bulan Januari untuk meningkatkan bantuan di Gaza, dan gagal memenuhi tanggung jawab hukumnya untuk melindungi orang-orang di wilayah yang mereka duduki.

“Perintah ICJ seharusnya mengejutkan para pemimpin Israel untuk mengubah haluan, namun sejak itu kondisi di Gaza justru memburuk,” kata Direktur Oxfam Timur Tengah dan Afrika Utara Sally Abi Khalil, dikutip dari Arabnews, Selasa (19/3/2024).

“Pemerintah Israel tidak hanya gagal memfasilitasi upaya bantuan internasional tetapi juga secara aktif menghambatnya. Kami percaya bahwa Israel gagal mengambil semua tindakan yang mereka mampu untuk mencegah genosida.”

Oxfam mengatakan bahwa aturan inspeksi yang “sangat tidak efisien” menyebabkan truk bantuan yang mencoba masuk ke Gaza terjebak dalam antrian selama rata-rata 20 hari.

Dikatakan bahwa pihak berwenang Israel secara sewenang-wenang menolak barang-barang “penggunaan ganda” – barang-barang sipil yang juga memiliki potensi penggunaan militer seperti generator cadangan dan obor.

“Daftar barang yang ditolak sangat banyak dan terus berubah,” kata Oxfam.

Mereka mengingatkan bahwa kantong air dan alat pengujian air dalam kiriman Oxfam ditolak tanpa alasan yang jelas, sebelum kemudian diizinkan masuk.

Kelompok ini juga mengecam “serangan terhadap pekerja bantuan, fasilitas kemanusiaan dan konvoi bantuan” dan “pembatasan akses” bagi staf bantuan, khususnya di Gaza utara. EDY/Ewindo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.