Home ESDM Masalah Sektor ESDM di Akhir Sejarah

Masalah Sektor ESDM di Akhir Sejarah

32
0

Masalah Sektor ESDM di Akhir Sejarah

Oleh : Salamuddin Daeng

1. Sektor migas terlibat skandal uang kotor sedunia Panama Papers dan Pandora Papers dan akan disapu bersih.

2. Sektor ESDM kena sapu badai transparansi untuk memusnahkan dirty money dan pemilik pemiliknya. Sekarang mereka sedang menteorikan dirty money and development. Tapi tidak akan bisa.

3.Sektor ESDM sebagian besar kena mental isue climate change sehingga tidak lagi dianggap bisnis masa depan tetapi sudah dianggap sebagai beban sejarah.

4.Seluruh yang mereka investasikan dalam sektor ESDM yang tadinya diproyeksikan akan bernilai dimasa mendatang makah sekarang harus dimusnahkan karena beban emisi kotor.

5.Aset seluruhnya telah berubah menjadi utang yang dihitung sebesar atau dibayar sampai tahun 2050 untuk negara maju dan 2060 untuk negara berkembang. Utang yang berat.

6.Selain aset telah menjadi utang output juga menjadi beban karena harus dibayar melalui pajak karbon 1,5 sampai 2 kali nilai output. Beban ini tidak akan bisa dibayar. Eropa mematok pajak karbon 250 dolar per ton karbon.

7.Sektor ESDM telah dianggap sebagai penyakit menular karena semua usaha lain yang menjadi ikutannya akan terkena beban yang sama yakni beban pajak, bunga dan pembatasan perdagangan lainnya.

8. Nah yang paling berat adalah pembatasan keuangan sektor ESDM yang tidak lagi leluasa mengakses uang. Mau bayar berapapun tidak ada uang yang mau terjerumus ke dalam sektor ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.