Home Dunia OPEC Mempertahankan Permintaan Minyak Global pada 2024 tidak Berubah 2,25 juta Barel...

OPEC Mempertahankan Permintaan Minyak Global pada 2024 tidak Berubah 2,25 juta Barel per Hari

43
0
OPEC Mempertahankan Permintaan Minyak Global pada 2024 tidak Berubah 2,25 juta Barel per Hari

OPEC mengaitkan pertumbuhan ini dengan berbagai pasar, khususnya Tiongkok, India, Timur Tengah, dan Amerika Latin.

ENERGYWORLD.CO.ID – Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) mempertahankan proyeksi permintaan minyak dunia, memperkirakan kenaikan sebesar 2,25 juta barel per hari pada tahun 2024, konsisten dengan perkiraan bulan sebelumnya.

Dalam laporan bulanan terbarunya, OPEC juga mengantisipasi pertumbuhan sebesar 1,85 juta barel per hari pada tahun 2025.

OPEC mengaitkan pertumbuhan ini dengan berbagai pasar, khususnya Tiongkok, India, Timur Tengah, dan Amerika Latin. Aliansi ini menyoroti tingginya permintaan akan perjalanan udara dan mobilitas jalan raya, termasuk angkutan truk, sebagai pendorong utama di balik antisipasi peningkatan ini.

Selain itu, OPEC mencatat peningkatan aktivitas industri, konstruksi, dan pertanian di negara-negara non-Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan, serta perluasan kapasitas petrokimia di wilayah seperti Tiongkok dan Timur Tengah, sebagai kontributor terhadap pertumbuhan permintaan minyak.

Namun OPEC mengakui bahwa perkiraan tersebut masih mengandung ketidakpastian, termasuk perkembangan ekonomi global sepanjang tahun. Meskipun demikian, laporan tersebut menunjukkan pertumbuhan ekonomi terus berlanjut, dengan permintaan minyak diperkirakan meningkat sebesar 2,3 juta barel per hari pada paruh kedua tahun 2024.

Sektor jasa, khususnya perjalanan dan pariwisata, diperkirakan akan menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi pada akhir tahun ini, yang selanjutnya akan mendukung permintaan minyak.

Laporan tersebut mempertahankan perkiraan pertumbuhan ekonomi global sebesar 2,8 persen untuk tahun 2024 dan 2,9 persen untuk tahun 2025, konsisten dengan proyeksi bulan sebelumnya.

Haitham Al-Ghais, sekretaris jenderal OPEC, menyatakan optimismenya terhadap pertumbuhan sektor ini yang berkelanjutan, dengan alasan membaiknya sektor perjalanan, Arabnews (11/6).

Dia menekankan fokus OPEC pada fundamental pasar, termasuk pertumbuhan ekonomi, pasokan, dan permintaan, serta menegaskan kembali ketahanan permintaan minyak dan keakuratan perkiraan OPEC.

“Penting untuk tetap fokus pada hal-hal mendasar. Kami melihat pertumbuhan ekonomi, kami melihat pasokan, kami melihat permintaan, dan ya, kami masih yakin permintaan minyak bagus dan tangguh,” kata Al-Ghais.

“Tahun lalu, perkiraan permintaan minyak OPEC adalah yang terbaik. Dan semua pihak yang mengkritik perkiraan OPEC terus menyesuaikan jumlah mereka sepanjang tahun.” EDY/Ewindo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.