Home Dunia Singh Solanki Ingin Menginspirasi Kemandirian Energi di Seluruh Dunia

Singh Solanki Ingin Menginspirasi Kemandirian Energi di Seluruh Dunia

27
0
Chetan Singh Solanki waves for a picture from his solar-powered bus in this photo shared on June 8, 2024. (Energy Swaraj)

Singh Solanki Ingin Menginspirasi Kemandirian Energi di Seluruh Dunia

Singh Solanki ingin menginspirasi kemandirian energi di seluruh dunia. Ia mengambil inspirasi dari Mahatma Gandhi, pemimpin gerakan kemerdekaan India

ENERGYWORLD.CO.ID – Empat tahun lalu, di puncak kegelisahannya atas meningkatnya ancaman perubahan iklim di planet ini, Chetan Singh Solanki memutuskan untuk memulai perjalanan untuk memicu perubahan terhadap lingkungan.

Solanki meluncurkan perjalanan swaraj energi pada tahun 2020 untuk menginspirasi kemandirian energi di seluruh dunia, berkampanye dengan moto “Energy by Locals for Locals.”

Dia mengatakan kepada Arab News: “Saya ingin memulihkan keseimbangan lingkungan yang telah hilang, dan saya ingin melakukannya di tingkat global karena ini bukan masalah satu negara atau satu negara – ini adalah masalah seluruh dunia. .”

Seorang profesor di departemen sains dan teknik energi Institut Teknologi India di Bombay, Solanki mengambil inspirasi dari Mahatma Gandhi, pemimpin gerakan kemerdekaan India yang menggunakan perlawanan tanpa kekerasan sebagai alat aksi massa.

Solanki meyakini perlunya mereplikasi strategi serupa untuk meningkatkan literasi energi di kalangan masyarakat dan menginspirasi mereka untuk menggunakan energi yang lebih ramah lingkungan sebagai sumber energi alternatif.

“Energi yang salahlah yang menciptakan masalah (dan) energi yang tepatlah yang akan menyelesaikan masalah. Energi bersih dan energi matahari serta mengajak semua orang untuk ikut serta adalah alasan saya memulai perjalanan ini,” kata Solanki. “Visi saya sejalan dengan visi Mahatma Gandhi tentang gram swaraj (pemerintahan mandiri desa). Saya menekan konsumsi energi yang bertanggung jawab dan produksi lokal.”

Kampanye ini dirancang agar berdampak dan diterima oleh banyak orang.

“Hal ini dirancang untuk memicu pemikiran bahwa kita semua dapat menjadi bagian dari solusi iklim. Ini bukan ilmu roket – kaya dan miskin, tua dan muda, semua orang bisa menjadi bagian darinya,” tambahnya.

Chetan Singh Solanki talks to students as part of his nationwide journey to spur climate movement in this photo shared on June 8, 2024. (Energy Swaraj)

Melalui perjalanannya, Solanki mendapat julukan “Solar Gandhi,” setelah menempuh jarak 56.000 km dengan bus bertenaga surya, yang dilengkapi dengan fasilitas penting termasuk kamar tidur ber-AC, ruang kantor, lemari es, dan dapur kerja.

Kendaraan tersebut adalah “tempat tinggal bergerak yang inovatif” yang melambangkan aspirasinya “untuk dunia masa depan yang didorong oleh sumber energi berkelanjutan,” seraya menambahkan bahwa ia berencana untuk melanjutkan perjalanan nasional tersebut hingga Desember 2030.

Baginya, jelas bahwa pemerintah dunia “belum berbuat cukup,” meskipun ada konferensi iklim tahunan yang dimaksudkan untuk mengatasi masalah lingkungan hidup yang kritis.

“Pendekatan bisnis seperti biasa tidak berhasil secara nasional dan internasional, dan karena itu solusinya terletak pada kepekaan terhadap planet bumi dan kapasitasnya untuk menghasilkan atau beregenerasi,” katanya.

Sejak perjalanannya dimulai pada akhir tahun 2020, Solanki mengatakan kampanye tersebut telah diterima dengan baik.

“Saya pikir ada hal-hal baik yang terjadi dan responnya bagus,” katanya. “Melek energi adalah langkah pertama menuju koreksi iklim.”

Sumber: arabnews

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.