Home Energy Dubai akan Miliki Taman Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar di Dunia

Dubai akan Miliki Taman Pembangkit Listrik Tenaga Surya Terbesar di Dunia

312
0

ENERGYWORLD.CO.ID – Dubai Electricity and Water Authority (Dewa). telah memilih perusahaan energi terbarukan Abu Dhabi, Masdar, untuk membangun dan mengoperasikan fase keenam 1.800 megawatt dari Taman Surya Mohammed bin Rashid Al Maktoum , taman surya satu lokasi terbesar di dunia.

Fase 1.800MW dari Taman Surya Mohammed bin Rashid Al Maktoum akan beroperasi secara bertahap, mulai kuartal keempat tahun 2024.

Proyek , yang akan menggunakan panel surya fotovoltaik berdasarkan model Independent Power Producer (IPP), diperkirakan menelan biaya Dh5,51 miliar ($1,4 miliar), kata Kantor Media Dubai .

“Dewa berkomitmen untuk menyelesaikan fase Taman Surya Mohammed bin Rashid Al Maktoum sesuai dengan standar internasional tertinggi menggunakan teknologi tenaga surya terbaru untuk meningkatkan peralihan menuju ekonomi berkelanjutan hijau dengan meningkatkan pangsa energi bersih dan terbarukan,” kata Saeed Mohammed Al Tayer, direktur pelaksana dan kepala eksekutif <span;><span;>Dubai Electricity and Water Authority dikutip dari thenationalnews.

Emirat telah menetapkan target untuk menghasilkan 25 persen kebutuhan energinya dari sumber terbarukan pada tahun 2030 dan 100 persen pada tahun 2050.

Fase keenam dari taman tenaga surya ini dilakukan selama Tahun Keberlanjutan UEA pada tahun 2023, dan tahun menjadi tuan rumah KTT perubahan iklim Cop28 , pada bulan November.

Dengan total investasi sebesar Dh50 miliar, dan berdasarkan model IPP, taman tenaga surya ini akan memiliki kapasitas 5.000MW dan akan mengurangi 6,5 juta ton emisi karbon setiap tahun ketika selesai sepenuhnya pada tahun 2030.

Dewa mengatakan menerima 23 pernyataan minat dari pelamar internasional untuk mengembangkan proyek ini untuk membangun dan mengoperasikan taman surya tahap keenam.

Seleksi terakhir datang setelah Dewa mengatakan pada bulan Juni menerima dua tawaran dari Arab Saudi Acwa Power dan Masdar untuk tahap keenam.

Masdar mengajukan penawaran terendah sebesar $1,62154 sen per kilowatt jam, yang merupakan level biaya energi terendah (LCOE) untuk setiap proyek IPP surya Dewa sejauh ini, katanya pada hari Minggu.

Proyek ini akan beroperasi secara bertahap mulai dari kuartal keempat tahun 2024, menurut utilitas.

Total kapasitas proyek energi surya yang ditugaskan di taman surya telah mencapai 2.427MW, kata kantor media tersebut.

Dewa sedang membangun proyek lain dengan total kapasitas 433MW. Tahap keenam taman surya akan meningkatkan total kapasitas produksi menjadi 4.660MW.

Pada bulan Juni, Dewa meresmikan 900MW fase lima taman surya, yang akan menyediakan energi bersih ke sekitar 270.000 rumah di emirat, mengurangi emisi karbon sebesar 1,18 juta ton per tahun.

Porsi energi bersih dalam bauran energi Dubai adalah sekitar 16,3 persen dari total kapasitas terpasangnya, kata Al Tayer. “Ini akan mencapai 24 persen pada 2026 dengan selesainya fase keenam dan fase sisanya dalam pembangunan taman surya,” katanya. EDY/EWI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.