Home Energy Oil OPEC akan Berhenti Mempublikasikan Perhitungan Permintaan Minyak Mentah Dunia

OPEC akan Berhenti Mempublikasikan Perhitungan Permintaan Minyak Mentah Dunia

29
0

ENERGYWORLD.CO.ID – OPEC akan berhenti mempublikasikan perhitungan permintaan minyak mentah dunia dalam laporan minyak bulanannya, kata dua sumber yang dekat dengan masalah tersebut, dan fokus pada perkiraan permintaan minyak dari kelompok OPEC+ yang lebih luas.

Perubahan ini mencerminkan kerja sama jangka panjang antara anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan kelompok yang lebih luas dalam mengambil keputusan kolektif mengenai pasokan minyak, Reuters (9/5).

Produsen baja terbesar di Jepang dilanda kerugian pada fasilitas yang tidak aktif.

<span;>Sekretariat OPEC di Wina dalam laporan bulanannya menerbitkan perkiraan permintaan minyak mentah OPEC, kadang-kadang dikenal sebagai ‘call on OPEC’. Angka tersebut dipandang oleh para analis dan pedagang sebagai indikator kekuatan pasar minyak.

Namun mulai bulan ini OPEC hanya akan memberikan perkiraan permintaan minyak mentah dari negara-negara Deklarasi Kerja Sama (DoC), kata sumber tersebut. DoC adalah nama resmi OPEC+, yang terdiri dari 12 anggota OPEC dan 10 non-anggota dimana Rusia merupakan produsen terbesarnya.

permintaan minyak mentah dari kelompok yang lebih luas kini lebih relevan, kata salah satu sumber, karena DoC saat ini merupakan kerangka kerja sama di pasar minyak. Kedua sumber tersebut tidak disebutkan namanya.

OPEC tidak segera menanggapi permintaan komentar.

<?Pangsa pasar minyak mentah OPEC telah jatuh ke level terendah dalam beberapa dekade sebesar 27% setelah keluarnya Angola pada akhir tahun lalu. Menurut perhitungan Reuters, minyak mentah OPEC+ memiliki pangsa lebih besar, yaitu sekitar 41%, dan lebih banyak lagi jika semua jenis minyak dimasukkan.

DoC dibentuk pada tahun 2016 setelah kelebihan pasokan minyak pada tahun 2014-2016 mendorong penurunan harga dan mendorong negara-negara OPEC dan non-OPEC untuk bekerja sama mengurangi produksi dan mendukung pasar untuk pertama kalinya sejak tahun 2001.

OPEC, yang didirikan pada tahun 1960, memiliki tujuan utama “koordinasi dan penyatuan kebijakan perminyakan negara-negara anggota,” menurut undang-undangnya. Anggota menunjuk pejabat ke dewan gubernur dan komite lainnya.

OPEC+, yang tidak memiliki kantor pusat permanen, merupakan aliansi yang kurang formal, sehingga memudahkan negara-negara yang tidak ingin bergabung dengan OPEC untuk tetap bekerja sama dengan OPEC.

Misalnya, Rusia telah lama memandang OPEC sebagai saingan dan berbagai upaya kerja yang sama gagal. Anjloknya harga minyak pada tahun 2016 membuat mereka semakin dekat tetapi beberapa pejabat termasuk Igor Sechin, kepala raksasa energi Rosneft, menentang kerja sama yang lebih erat dengan OPEC.

KERUGIAN SINGKAT

OPEC+ sempat terpuruk pada tahun 2020 namun segera melakukan reformasi untuk mengatasi penurunan permintaan yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 dan telah menunjukkan kekuatan yang bertahan sejak saat itu.

Perjanjian tersebut menandai ulang tahunnya yang ketujuh pada bulan Desember, dan OPEC mengatakan para anggotanya menunjukkan “komitmen yang teguh.”

OPEC, untuk pertama kalinya, menerbitkan angka permintaan minyak mentah DoC dalam laporan bulan April, yang diberikan bersamaan dengan seruan tradisional kepada OPEC.

Permintaan OPEC pada dasarnya adalah jumlah minyak mentah yang perlu dipompa OPEC untuk menyeimbangkan pasar, mengingat perkiraan pasokan minyak non-OPEC dan produksi OPEC seperti gas alam cair yang tidak termasuk dalam perjanjian produksi.

Laporan OPEC pada bulan April mengumumkan permintaan minyak mentah OPEC pada tahun 2024 sebesar 28,5 juta barel per hari dan permintaan minyak mentah DoC sebesar 43,2 juta barel per hari, dibandingkan dengan permintaan minyak dunia sebesar 104,5 juta barel per hari.

Badan Energi Internasional, lembaga peramal lain yang memasarkan dengan ketat, telah menerbitkan perkiraan seruan DoC, dan melihat permintaan minyak mentah OPEC+ ditambah persediaan sebesar 41,8 juta barel per hari pada tahun 2024. EDY/Ewindo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.