Home BUMN ABB Pasok Miniatur Pemutus Sirkuit Listrik (MCB) untuk PLN

ABB Pasok Miniatur Pemutus Sirkuit Listrik (MCB) untuk PLN

216
0
Penandatanganan kerjasama ABB dan PLN | IST
Penandatanganan kerjasama ABB dan PLN | IST
ENERGYWORLD.CO.ID – ABB kembali bekerja sama dengan Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk menyediakan miniatur pemutus sirkuit listrik (MCB). ABB siap menyediakan MCB dengan harga yang kompetitif, kapasitas produksi lokal dan kandungan TKDN (Tingkat Kandungan Listrik Dalam Negeri). Penandatanganan kontrak tersebut dilakukan hari ini di kantor pusat PLN di Jakarta oleh Gerard Chan, Presiden Direktur dan Country Holding Officer, PT ABB Sakti Industri dan Wiluyo Kusdwiharto, Direktur Manajemen Proyek dan Energi Baru Terbarukan PT PLN (Persero).

Gerard Chan, Presiden Direktur dan Country Holding Officer, PT ABB Sakti Industri menyatakan kebanggaan ABB dapat terus mewujudkan komitmen perusahaan dalam mendukung PLN melalui MCB yang berkinerja baik dan diproduksi secara lokal.

“Penandatanganan kontrak antara ABB dan PLN ini menegaskan komitmen kedua perusahaan untuk terus memberikan produk berkualitas untuk para pelanggan PLN di tanah air, yang tentunya akan membantu memberikan perlindungan pada rumah dan perangkat listrik dari kerusakan akibat hubung singkat dan pemakaian berlebih” jelas Gerard.

Selama lebih dari dua puluh tahun, ABB memiliki rekam jejak yang telah terbukti sebagai pemasok MCB ke PLN dengan kualitas yang baik dan kapasitas produksi yang mumpuni. ABB adalah pelopor perkembangan MCB di dunia. Di Indonesia, MCB ABB telah dilengkapi dengan sertifikat SNI (Standar Nasional Indonesia) dan SPLN (standar perusahaan PLN) yang memberikan kepastian dalam keamanan, kualitas dan kinerja yang baik. Dengan demikian, pengguna akan mendapatkan kepastian dalam perlindungan dan keandalan produk ketika menggunakan MCB ABB. Selain itu, MCB ABB juga memiliki tingkat kandungan dalam negeri yang tinggi.

Wiluyo Kusdwiharto, Direktur Manajemen Proyek dan Energi Baru Terbarukan  mengatakan PLN terus berupaya memberikan layanan terbaik kepada pelanggan, salah satunya dengan memanfaatkan material kelistrikan yang bermutu dengan kandungan TKDN tinggi.

“Seluruh material yang kami gunakan tentu memiliki kualitas terbaik dan kami memprioritaskan produk-produk yang memiliki kandungan TKDN yang tinggi. Hal ini kami lakukan demi memastikan kualitas layanan bagi pelanggan dapat terjaga,” ucap Wiluyo
 
Di 2022, MCB ABB mendapatkan penghargaan “The Best TKDN MCB”[1] dari PLN untuk kualitas dan tingkat komponen dalam negeri terbaik, yang diberikan saat acara “PLN LOCOMOTION – Local Content Movement for the Nation” di Jakarta, Indonesia. Sebelumnya[2], ABB juga telah berkolaborasi dengan PLN untuk menyediakan MCB yang mendukung proses elektrifikasi yang aman dan andal.

Tahun lalu, pabrik MCB ABB di Cibitung memiliki kapasitas produksi tahunan mencapai jutaan poles, baik untuk tipe MCB yang dipasok ke PLN maupun kebutuhan ekspor ke berbagai negara di Asia, Eropa, Afrika dan Selandia Baru. Pabrik ini juga dilengkapi dengan sistem otomasi yang canggih untuk proses perakitan dan pengujian produk. Selain itu, sebagai perwujudan komitmen akan keberlanjutan, pabrik ABB dilengkapi oleh Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang dipasang di atap pabrik. Energi bersih yang dihasilkan digunakan sebagai pasokan listrik untuk beberapa kegiatan operasional pabrik. Di samping itu, pabrik ABB juga menerapkan metode penilaian RECP (Resource Efficient and Cleaner Production), yang memungkinkan pabrik untuk menghemat ratusan juta rupiah per tahun dari biaya konsumsi listrik, air dan material proses produksi. Pabrik ini juga mampu mengindentifikasi potensi pengurangan emisi sebesar 224-ton CO2 per tahun.

MCB ABB juga melindungi sistem instalasi listrik dari penggunaan listrik yang melebihi daya maksimal dan hubung singkat pada bangunan komersial maupun berbagai aplikasi industri lainnya. Ketika hal ini terjadi, MCB akan memutus arus listrik secara otomatis untuk melindungi perangkat listrik dari kerusakan dan resiko kebakaran.

ABB adalah perusahaan global terkemuka di bidang elektrifikasi dan otomatisasi yang mendorong transformasi masyarakat dan industri demi mencapai masa depan yang mengutamakan efisiensi penggunaan sumber daya yang berkesinambungan. Solusi yang ditawarkan ABB menghubungkan penggunaan software dan keahlian di bidang enjiniring untuk mengoptimalkan proses manufaktur. Berkomitmen untuk terus berinovasi dan mendorong transformasi industri selama lebih dari 130 tahun, kesuksesan ABB didorong oleh  ~105,000 karyawannya yang tersebar di lebih dari 100 negara (www.abb.com).

ABB Electrification adalah penyedia teknologi global terdepan dalam bidang distribusi dan manajemen tenaga listrik, mulai dari sumber listrik hingga ke soket. Visi utama kami adalah menghadirkan proses elektrifikasi yang aman, cerdas, dan berkelanjutan. Seiring meningkatnya kebutuhan listrik dunia, lebih dari 50.000 karyawan kami di 100 negara bekerja sama dengan pelanggan dan mitra bisnis dalam melakukan transformasi pada berbagai teknologi yang mampu mengubah cara kita untuk saling terhubung, menjalani kehidupan, dan juga bekerja. Kami mengembangkan beragam produk, solusi dan teknologi digital yang inovatif, yang meningkatkan efisiensi pada energi dan mengurangi emisi gas karbon di berbagai sektor industri. Dengan menerapkan skala global dengan keahlian lokal, kami membentuk dan mendukung tren global, mengedepankan kepuasan pelanggan dan mendorong masyarakat menuju masa depan yang berkelanjutan. |WAW-EWI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.