Home Ekbiz Setelah Dirut PLN, Apakah Dirut Pertamina Menyusul akan Jadi Tersangka?

Setelah Dirut PLN, Apakah Dirut Pertamina Menyusul akan Jadi Tersangka?

0

ENERGYWORLD.CO.ID – KPK Tetapkan Dirut PLN Sofyan Basir Jadi Tersangka Suap PLTU Riau 1 pada Selasa, 23 April 2019.

Penyidik KPK menemukan bukti-bukti baru keterlibatan Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir dalam pusaran kasus suap terkait proyek PLTU Riau 1.

Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir resmi menyandang status tersangka di KPK. Jejak ‘KPK meningkatkan perkara ke tingkat penyidikan dengan tersangka SFB (Sofyan Basir), Direktur Utama PT PLN Sofyan Basir diduga menerima janji mendapatkan bagian yang sama besar dari jatah Eni Maulani Saragih (komisi VII) dan Idrus Marham,” ujar Uchok Sky Khadafi dari Center Budget Analysis (CBA) kepada redaksi.

Menurut Uchok yang terlibat kasus PLTU Riau 1 ini juga  diduga Libatkan Dirut Pertamina, “KPK Diminta Usut Tuntas Kasus, dan KPK harus mengusut pejabat lain yang terlibat kasus PLTU Riau 1 yaitu  diduga melibatkan Dirut Pertamina Nicke Widyawati,” jelasnya.

Pada 17 Sep 2018 Dirut Pertamina Nicke Widyawati mendatangi KPK, Senin (17/9/2018) namun belum ada kejelsannya kembali, “ujarnya.

Kita tahu bahwa  “Jadi bukan dalam kapasitas jabatan saat ini [Dirut Pertamina] tapi sebagai salah satu direktur pengadaan di PLN untuk proyek PLTU Riau 1 dan akhirnya jadi kasus suap PLTU Riau-1

Proyek PLTU Riau-1 menjadi bancakan korupsi meski pengerjaannya belum tuntas betul. Penyidik KPK membongkar siasat jahat dari para pejabat di sekitar proyek itu mulai dari anggota legislatif hingga pucuk pimpinan BUMN yang menggarap proyek tersebut yaitu PT PLN (Persero).

Bermula dari operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK pada Juli 2018 hingga akhirnya muncul 2 orang tersangka yaitu Eni Maulani Saragih dan Johanes Budisutrisno Kotjo. Sebagai catatan, dua orang itu sudah divonis bersalah dan vonisnya pun sudah berkekuatan hukum tetap.

Kotjo yang merupakan pemegang saham Blackgold Natural Resources Ltd (BNR) awalnya ingin mendapatkan proyek tersebut tetapi kesulitan berkomunikasi dengan PLN. Hingga akhirnya Kotjo meminta bantuan Setya Novanto, yang saat itu menjabat Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Ketua DPR.

Menelisik Peran Dirut Pertamina, Nicke dalam Proyek PLTU Riau-1  terkait kasus ini, sebelumnya KPK mengendus keterlibatan Dirut Pertamina di skandal PLTU Riau-1 ini? Lalu apakah Nicke akan bernasib sama dengan Sofyan Basir?

ATA/EWINDO

 

 

Direktur Utama (Dirut) Pertamina, Nicke Widyawati karena pernah menjabat Direktur Perencanaan PT PLN ketika proyek PLTU Riau-1 akankah

Kasus PLTU-Riau 1  KPK  menyeret Dirut Pertamina Nicke Widyawati?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.