Home Dunia Mahasiswa di Universitas-Universitas Inggris Memprotes Perang Gaza.Indonesia Bagaimana?

Mahasiswa di Universitas-Universitas Inggris Memprotes Perang Gaza.Indonesia Bagaimana?

47
0

Mahasiswa di Universitas-Universitas Inggris Memprotes Perang Gaza.Indonesia Bagaimana?

Mahasiswa penampakan universitas mereka untuk melakukan divestasi dari Israel sebagai tanggapan atas aksi militernya di Gaza

ENERGY WORLD.CO.ID – Mahasiswa di universitas-universitas Inggris memprotes perang Gaza

Mahasiswa penampakan universitas mereka untuk melakukan divestasi dari Israel sebagai tanggapan atas aksi militernya di Gaza

Mahasiswa berkumpul di universitas-universitas di Inggris untuk memprotes perang di Gaza setelah peningkatan serupa di kampus-kampus di AS dan belahan dunia lain, The NationalNews (2/5).

Tenda-tenda telah didirikan di luar gedung universitas di Leeds, Newcastle, Sheffield dan Bristol oleh para mahasiswa yang mendukung Palestina di tengah perang Israel-Gaza.

Mahasiswa di Bristol mengatakan mereka melakukan unjuk rasa “sebagai protes atas keterlibatan universitas tersebut dalam genosida Israel terhadap warga Palestina”.

Apartheid Off Campus Newcastle mengatakan protesnya adalah untuk “menyoroti strategi investasi lembaga tersebut dan keterlibatannya dalam kejahatan perang militer Israel  di Gaza dan Tepi Barat.”

Aktivis mahasiswa di tempat lain mengadakan pawai dan protes satu kali.

Satu kamp,​​di Universitas Warwick, telah didirikan di piazza kota selama seminggu.

Kelompok-kelompok tersebut telah meminta universitas-universitas mereka untuk melakukan divestasi dari Israel sebagai tanggapan atas operasi militernya di Jalur Gaza.

Hal ini berarti menjual saham perusahaan-perusahaan Israel atau memutuskan hubungan keuangan.

Para siswa telah meminta pendukung untuk menyumbangkan makanan, minuman dan produk kebersihan.

Kampanye Solidaritas Palestina, sebuah organisasi berbasis di Inggris yang mengklaim sebagai kelompok terbesar di Inggris yang “berdedikasi untuk menjamin hak asasi manusia Palestina”, menulis di X: “Hari ini, mahasiswa dari Leeds, Newcastle, Bristol dan Sheffield telah bergabung dengan Warwick – menuntut agar kita universitas berhenti berinvestasi dalam genosida Israel.”

Gambar yang dibagikan oleh kelompok tersebut menunjukkan sekelompok besar mahasiswa berkumpul di samping tenda dan spanduk di area terkemuka di universitas.

Protes tersebut menyusul bentrokan yang disertai kekerasan di kampus-kampus di seluruh AS , yang paling menonjol di Universitas Columbia di New York.

Kekerasan juga terjadi di Universitas California , dan lebih dari 1.000 pengunjuk rasa telah ditangkap di seluruh AS. EDY/Ewindo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.